Dalil, Keutamaan, Tata Cara dan Niat Puasa Sunnah Syawal 6 Hari

Advertisement
Advertisement
Amalan sunnah adalah amalan yang akan mendapatkan pahala apabila dikerjakan dan jika tidak dikerjakanpun tidak apa-apa atau tidak akan mendapatkan dosa. Salah satu amalan sunnah setelah bulan Ramadhan adalah puasa Syawal selama 6 hari. Pahala puasa sunnah ini sangatlah besar yaitu sama dengan kita berpuasa selama satu tahun. Puasa Syawal dapat dilakukan pada tanggal 2 dan seterusnya pada bulan Syawal selama 6 hari. Sedangkan untuk tanggal 1 nya atau pada saat lebaran, puasa justru sangat dilarang dan diharamkan.
niat puasa syawal
Adapun syarat dan tata cara puasa Syawal adalah sebagai berikut:
  1. Telah lunas semua hutang puasa wajib Ramadhan;
  2. Dilakukan pada bulan Syawal mulai tanggal dua, boleh secara berurutan atau diselang seling;
  3. Membaca niat puasa Syawal 6 hari;
  4. Tetap menjaga dari segala hal yang membatalkan puasa dan pahalanya.

Untuk niatnya, berikut adalah niat puasa Syawal selama 6 hari:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي
Terjemahan Niat Puasa Syawal
NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Keutamaan puasa Syawal dapat merujuk pada beberapa dalil atau hadits berikut ini:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya
Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة
Artinya
Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة
Artinya
Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)

Salah satu faidah menjalankan puasa Syawal diantaranya adalah untuk menyempurnakan dan menutupi kekurangan puasa wajib selama bulan Ramadhan. Karena puasa wajib selama bulan Ramadhan yang kita lakukan tidak lepas dari salah dan kekuarangan yang dapat mengurangi keutamaannya, pada hari kiamat nanti akan di ambil pahala dari puasa sunnah tersebut untuk menutupi segala kekuarang kita selama puasa wajib Ramadhan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tata cara, niat, dalil dan keutaman puasa 6 hari pada bulan Syawal, semoga dapat bermanfaat.
Advertisement